MATAHARI SINGGAH DIATAS KA’BAITULLOH

Sekedar berbagi dan saling mengingatkan kita semua .. cara mudah mencari arah kiblat yang tepat dan akurat. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 28 Mei pukul 16:18 wib dan 16 Juli pukul 16:27 wib. Kecuali pada tahun kabisat.

Setiap tahun matahari singgah dua kali tepat diatas Ka’bah. Dalam bahasa arab peristiwa matahari singgah diatas Ka’baitulloh ini disebut “Istiwa A’dhom” (persinggahan utama), maka siapapun yang bisa melihat matahari pada saat ini sama dengan telah menghadap kearah kiblat, dengan cara melihat bayangan suatu benda.

Benda apapun yang terletak tegak lurus diatas tanah maka bayangnnya akan membawa kita kearah kiblat. Bisa juga dengan melihat sinar matahari yang masuk dari celah pintu atau jendela rumah. Kemiringan cahaya itu juga mengarah ke Ka’bah karena pada saat itu matahari tepat berada diatasnya.

Arah dari Indonesia ke Ka’bah di Makkah Arab Saudi adalah ke barat laut bukan arah lurus kebarat, tetapi bergeser lebih kurang 20 derajat kekanan dari arah barat.

Tahun kabisat merupakan tahun dimana bulan Februari mempunyai jumlah hari 29 hari (bukan 28 hari). Maka pada tahun-tahun tersebut matahari akan tepat berada di atas Ka’bah pada tanggal 27 Mei pukul 16.18 WIB dan pada tanggal 15 Juli pukul 16.27 WIB.

Jika mendung atau hujan pada saat itu maka kita masih dapat melihat satu atau dua hari sesudahnya, namun tentu saja hasilnya tidak tepat seakurat pada tanggal peristiwa tersebut.

اَللّهُمَّ زِدْ بَيْتَ تَشْرِيْفاً وَتَكْرِيْماً وَتَعْظِيْماً وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَّفَهُ وَعَظَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ اَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفاً وَتَكْرِيْماً وَتَعْظِيْماً وَبِرّاً ..

“Ya Alloh, tambahkanlah pada Baitulloh kehormatan, kemuliaan dan keagungan, dan kehebatan, dan tambahkanlah pada orang-orang yang memuliakan dan mengagungkannya dari orang-orang yang berhaji dan umroh, kehormatan, kemuliaan, keagungan, dan kebaikan.”

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: