BAHAYA NGGASAB ….!!

BAHAYA NGGASAB ….!
 
Rosululloh saw bersabda:
“Sungguh akan datang kepada manusia suatu masa, yaitu seseorang tidak lagi peduli dari mana dia mendapatkan harta, dari jalan halal ataukah haram.” (HR. Bukhori).

Rosululloh saw bersabda:
“Barangsiapa merampas hak seorang muslim dengan sumpahnya (kata-katanya), maka Alloh mewajibkan dia masuk neraka dan mengharamkan baginya sorga,”
Salah seorang bertanya:
”Meskipun sedikit, wahai Rosululloh .?”
Rosululloh menjawab:
“Ya, meskipun hanya setangkai kayu sugi (siwak).” (HR. Muslim).
 
Alloh swt berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu, dengan jalan yang batil (jalan yang tidak benar, haram menurut agama seperti riba-nggasap-merampas-menguasai),
kecuali dengan jalan perniagaan (atau kesepakatan) yang berlaku, dengan suka sama suka di antara kamu (berdasar kerelaan hati masing-masing, maka bolehlah kamu memakannya atau memakainya).
Dan janganlah kamu membunuh dirimu (artinya dengan melakukan hal-hal yang menyebabkan kecelakaannya didunia bagaimana pun cara dan sebab-sebab yang ditimbulkannya, yang mengakibatkan kecelekaanmu kelak di akherat).
Sesungguhnya, Alloh adalah Maha Penyayang kepadamu (Alloh selalu melimpahkan rohmat-Nya kepada kamu, sehingga dilarang-Nya kamu berbuat demikian).” – (QS.4:29).

Penjelasan Ayat :
“Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil.”
Yang dimaksud ‘makan’ di sini adalah segala bentuk tindakan, baik mengambil atau menguasai, ya’ni janganlah kalian mengambil dan janganlah kalian menempuh caranya. (al-Ahkam).

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: