AL BASHIIR

AL BASHIIR | 27

Al-Bashiir ( البصير ) Maha Melihat .. segala yang terjadi di alam raya .. DIA melihat perbuatan hamba-NYA yang memohon dan berdo’a kepada-NYA .. miskipun bersembunyi di tempat yang paling tersembunyi lagi rahasia .. mustahi tidak diketahui-NYA .. Penglihata ALLOH diluar jangkauan makhluk-makhlu-NYA ..

البصير

AL BASHIIR | YANG MAHA MELIHAT
Adalah ALLOH yang menyaksikan segala sesuatu sedemikian rupa sehingga tidak ada yang tersembunyi atau jauh dari-NYA, sekalipun berada dibawah bumi, diatas bumi dan didalam perut bumi .. Pengelihatan-NYA yang agung, tidak bergantung pada biji mata dan kelopak mata, dan juga tidak bergantung pada kesan citra dan warna pada Dzat-NYA .. ALLOH Maha Sempurna penglihatan-NYA .. ALLOH AL-BASHIIR kesempurnaan pengelihatan-NYA tak terbatas dari segala yang tampak, yang rahasia dan yang ghaib.
 
“Tidakkah DIA mengetahui bahwa sesungguhnya ALLOH melihat segala perbuatan ..?” (QS. Al-‘Alaq:14).
 
لا تُدْرِكُهُ الأبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأبْصَارَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

“DIA tidak dapat dicapai oleh pengelihatan mata, sedang DIA dapat melihat segala yang kelihatan dan DIA-lah yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-An’am: 103).
 
“ALLOH Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-Baqoroh: 96. _ Ali Imron: 163. _ Al Maidah: 71).
 
“Sesungguhnya DIA Maha Melihat segala sesuatu.” (QS. Al-Mulk: 19).
 
“Sesungguhnya ALLOH adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa: 58).
 
Sejauh mata memandang, sedalam panca indera merasakan yang dimiliki manusia nyata namun lemah dan tidak sempurna, karena nyata dapat dijangkau ..namun apa yang jauh dan apa yang dekat, bagian dalam maupun luar, banyak yang tak dapat ditembus dan dilihat oleh manusia.
 
Manusia mendapat dua keuntungan keagamaan:
 
1. Menyadari bahwa ALLOH SWT menciptakan pengelihatan agar kita memperhatikan ayat-ayat mulia dan keajaiban-keajaiban kerajaan langit di bumi, sehingga perhatian kita menjadi peringatan.
 
2. Menyadari bahwa kita dilihat oleh ALLOH SWT, didengar oleh-NYA, bahkan DIA tau sepenuhnya tentang kita .. Hal ini karena siapapun yang menyembunyikan apa yang tidak dapat disembunyikan dari yang selain ALLOH, berarti dia meremehkan pengawasan ALLOH SWT.
 
Dengan demikian, takut kepada ALLOH merupakan salah satu buah mengimani sifat AL-BASHIIR .. Betapa jahat bahkan biadab dan celakanya orang yan melakukan kedurhakaan, sementara dirinya tahu bahwa ALLOH SWT melihatnya.
 

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: