AL KHOOFIDH | 22
AI-Khoofidh: ( الخافض ) Maha Menjatuhkan, Maha Menghinakan, Maha Perendah, Pengurang .. terhadap orang yang selayaknya dijatuhkan akibat kelakuannya sendiri dengan memberinya kehinaan, kerendahan dan seksaan.

AR ROOFI’U | 23
Ar-Roofi’: ( الرافع ) Maha Mengangkat, Maha Peninggi .. terhadap orang yang selayaknya diangkat kedudukannya kerana usahanya, termasuk golongan kaum yang bertaqwa.

الخافض الرافع

AL KHOOFIDH | YANG MAHA MEMERDEKAKAN
AR ROOFI’U | YANG MAHA MENINGGIKAN

Adalah ALLOH merendahkan orang-orang kafir dengan kutukan dan meninggikan orang-orang Mu’min dengan keselamatan ..
DIA-lah yang memuliakan para Auliya’-NYA dengan mendekatkan diri mereka dengan-NYA, dan menghinakan musuh-musuh-NYA dengan menjauhkan mereka.
 
Barangsiapa meninggikan pandangannya melampaui hal-hal kasat indera, dan niatnya melampaui keinginan-keinginan yang tercela .. ALLOH Azza wa Jalla mengangkat dirinya ke ufuk derajat para Malaikat yang dekat dengan-NYA (Al Muqorrobin).
 
Barangsipa yang membatasi pandangannya hanya pada hal-hal yang kasat indera dan aspirasinya pada nafsu-nafsu hewani .. ALLOH akan menurunkan dirinya ke derajat yang paling rendah .. dan hanya ALLOH sajalah yang sanggup melakukan hal itu .. karena sesungguhnya DIA adalah Yang Maha Merendahkan dan Yang Maha Meninggikan.
Manusia dapat memilki sifat-sifat ini jika memuliakan kebenaran dan menghinakan keburukan .. yaitu dengan membantu mereka yang benar dan mencela mereka yang salah.
 
Dan juga menganggap musuh-musuh ALLOH sebagai musuhnya untuk menghinakan mereka dan bersahabat dengan Auliya’ (para wali) untuk memuliakan mereka ..
Seorang hamba yang menteladani sifat-sifat ALLOH AL-KHOOFIDH AR-ROOFI’U, hendaknya berusaha untuk selalu meninggikan hak dan kebenaran, merendahkan kebathilan dan keburukan, membela yang benar dan mengenyahkan yang salah ..
Dan ia selalu berpihak kepada hamba-hamba ALLOH yang memperjuangkan kebenaran dan mengangkat mereka, serta memusuhi musuh-musuh-NYA dan merendahkan mereka.
 
ALLOH SWT berfirman kepada salah seorang Nabi-Nya:
“Zuhudmu terhadap dunia engkau gunakan untuk bersegera meraih ketenangan, dzikirmu kepada-KU menjadikan engkau memperoleh kehormatan maka apa yang engkau lakukan untuk-KU yang seharusnya engkau lakukan, Apakah engkau telah membantu wali-KU dan memusuhi musuh-musuh-Ku .? ”
 

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: