AR-ROZZAAQ

ASMAUL HUSNA | 17
Ar-Rozzaaq: ( الرزاق ) Maha Pemberi Rizki, yang memberi berbagai rizki serta membuat sebab-sebab diperolehnya.

الرزاق

AR ROZZAAQ | YANG MAHA PEMBERI RIZKI
ALLOH yang menciptakan sarana-sarana rizki maupun mereka yang diberi rizki dan memberikan sarana kepada makhluknya maupun menciptakan jalan-jalan untuk meni’matinya ..
 
Dua macam pemberian rizki.
1. _Lahiriyah, terdiri atas pemeliharaan dan makanan untuk kekuatan jasmani.
2. _Bathiniyah, berupa hal-hal yang diilhamkan ke dalam hati dan yang disingkapkan rahasianya.
 
Rizki bathiniyah lebih tinggi dibandingkan rizki lahiriah, karena buahnya adalah kehidupan abadi .. Adapun buah dari pemberian rizki lahiriyah berupa kekuatan jasmani yang fana ..

لَهُ مَقَالِيدُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
 
“Kepunyaan ALLOH-lah perbendaharaan langit dan bumi. DIA melapangkan rizki bagi siapa yang dikehendaki-NYA dan menyempitkannya. Sesungguhnya DIA Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Asy-Syuro: 12).
 
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak ada suatu binatang melatapun dimuka bumi melainkan ALLOH-lah yang memberi rizkinya.” (QS. Huud: 6).
 
هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ ذَلُولا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“DIA-lah yang menjadikan bumi ini mudah bagi kalian, maka berjalanlah disegala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizki-NYA.
Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk: 15).
 
ALLOH Azza wa Jalla menganugerahkan pengetahuan untuk memberikan petunjuk .. Lidah untuk bersaksi dan mengajar .. kedua tangan untuk bekerja dan membagikan shodaqoh .. sehingga manusia dapat menjadi sebab bagi rizki yang lebih tinggi dan mencapai hati melalui kata-kata dan perbuatan-perbuatannya .. Karena bila ALLOH SWT mencintai seseorang .. DIA menjadikan makhluk-makhluk semakin membutuhkan orang tersebut dan kalau saja dia sampai menjadi perantara antara ALLOH dengan manusia agar rizki dapat sampai kepada manusia maka berarti dia memiliki sifat AR-ROZZAAQ ..
 
Rosululloh saw bersabda:
“Seorang Mu’min yang dengan bahagia memberikan kepada dirinya sendiri apa yang diperintahkan untuk memberikan, dia termasuk orang yang bershodaqoh.” (HR. Muslim).
 
Itulah orang yang telah mewarisi sifat ini yang tangannya dijadikan sebagai gudang rizkinya .. tubuh dan ucapannya menjadi gudang bagi rizki hati .. Persendian adalah sambungan tulang pada tubuh manusia yang berjumlah tiga ratus enam puluh buah .. Maka selayaknya manusia mengeluarkan shodaqoh bagi setiap persendian tubuhnya, semata-mata untuk mensyukuri ni’mat itu ..

Dengan adanya semua persendian itu, manusia hidup dengan penuh kesempurnaan dan keni’matan .. Sekiranya diantara persendian tersebut ada yang rusak atau kering, tentulah akan mendatangkan gangguan pada tubuh .. maka bershodaqoh atasnya merupakan tasyakkur dan juga menghindarkan bala’ ..

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (dijalan ALLOH) sebagian rizki yang telah Kami berikan kepada kalian.” (QS. Al-Baqoroh: 254).
 
أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ

“Nafkahkanlah sebagian dari rizki yang diberikan ALLOH kepada kamu.” (QS. Yaasiin: 47).
 
Rosululloh saw bersabda:
“Wajib bagi setiap muslim mengeluarkan shodaqoh.” (HR. Bukhori dan Muslim).
 
Rosululloh saw bersabda:
“Barangsiapa memenuhi kebutuhan sesama muslim, baginya pahala berbakti kepada Alloh sepanjang hidupnya.” (HR. Bukhori).
 
Rosululloh saw bersabda:
“Tiada seorang hamba pun yang memperoleh limpahan ni’mat ALLOH dan ALLOH menyempurnakannya bagimu ..
Lalu ALLOH menjadikannya sebagai tempat memenuhi kebutuhan manusia lain, tetapi ia enggan, niscaya dirinya akan kehilangan ni’mat itu.” (HR. Thobroni).
 
Rosululloh saw bersabda:
“Sesungguhnya ALLOH mempunyai beberapa hamba yang diberi KEHUSUSAN dengan diberi ni’mat untuk kepentingan manusia lainnya, kemudian DIA tetapkan pada mereka yang harus mereka shodaqohkan .. Jika mereka membantah putusan itu .. DIA pindahkan ni’mat itu dari mereka kepada yang lain.” (HR. Abu Nu’aim dan Thobroni).
 
Rosululloh saw bersabda:
ALLOH SWT berfirman:
“Berinfaklah wahai anak Adam, pasti Aku beri infak kepadamu (ALLOH akan memberikan kepadanya ganjaran berlipat ganda).” (HR. Bukhori dan Muslim).
 
وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“…dijadikan-NYA kamu kuat dengan pertolongan-NYA dan diberi-NYA kamu rizki dari yang baik-baik agar kamu bersyukur.” (QS. al-Anfaal: 26).
 
Subhanalloh .. betapa luasnya anugerah ALLOH yang diturunkan untuk manusia .. DIA menjadikan rizki dari yang baik-baik, agar manusia yang beriman mampu bersyukur .. Tapi betapa sempitnya kita memahami dan memberi arti pada kata rizki ..
 
Hanya harta dan tahta, yang dianggap rizki dari yang Maha Kuasa .. Kadang-kadang, ditambahkan dengan kesehatan dan waktu luang, tanpa benar-benar memberi arti yang dalam pada keduanya ..
Kesehatan kurang disyukuri, waktu luang nyaris dilupakan .. Betapa kurang bersyukurnya ..
 
Meski demikian, ALLOH ta’pernah membedakan siapa yang akan menerima rizki dari-NYA .. Jika ALLOH Azza wa Jalla menghendaki sesuatu terjadi, maka DIA akan menciptakan sebab-sebab kejadiannya ..
Jika sebuah rizki ingin diberikan-NYA pada seorang hamba, maka ta’satu pun kekuatan yang bisa menghalanginya .. Ta’satu, ta’juga seribu .. Ta’beratus, ta’berlaksa .. Ta’ada kekuatan yang mampu menghalangi ukuran ketetapan-NYA ..
 
Satu rizki akan disusul rizki lainnya .. Jika manusia cukup tahu diri dan mensyukuri semua yang ia terima .. Tapi betapa sedikit yang mampu mengangkat tangan dan menundukkan kepala, berkata penuh rendah diri dan mengaku ..
”ALLOHU ROBBIY .. segala bermula atas-MU dan segala berakhir karena-MU .. segala dari-MU dan menuju kepada-MU ..”
 
Sering manusia mengira, semua yang didapat adalah hasil kerja keras dan usahanya .. Sering manusia menyangka, semua yang terjadi keluar dari jerih payahnya ..
Padahal sesungguhnya ta’ada daya dan upaya pada diri manusia yang lemah .. Makhluk yang ketika kantuk datang, ta’mampu meski hanya mengangkat kepala .. ta’ada maut menjemput yang mampu mempertahankan ..
 
YA ROZZAAQ .. inilah kami, berdiri dengan lutut gemetar memohon ampun dan ta’jub pada anugerah yang ENGKAU berikan ..
Berdzikirkan dengan nama ARROZZAAQ berkali-kali, ”YA ALLOHU YA ROBBIY .. YA ROZZAAQU YA ROZZAAQ ..” Berikanlah kepada kami segala yang baik, dari ilmu-MU, dari karunia-MU, dari takdir-MU, dan dari segala keputusan baik-MU ..
 

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: