MANUSIA YANG TERBAIK

Paling tidak ada 3 ayat dalam Al-Qur’an yang diberitakan oleh Alloh swt yang berbeda tetapi mempunyai satu sudut persamaan yaitu tentang bagaimana menjadi pribadi yang unggul.

Yang pertama kita bisa lihat pada surat at-Tiin ayat 4 :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dengan bentuk penamplian terbaik.”

Dalam ayat ini Alloh swt tidak menggunakan istilah “hasan” tetapi menggunakan istilah “ahsan” dan itu artinya adalah terbaik “the best” ..
Bukan sekadar baik tetapi terbaik, dari surat ini Alloh swt menciptakan manusia, aku, kamu dn kita semua dengan bentuk yang terbaik, bukan sekadar bentuk yang paling baik.

Jadi sebagai rasa syukur kita kepada Alloh swt, semestinya kita melakukan apa yang disebut “penampilan yang terbaik”, bukan hanya dari penampilan wajah tetapi sikap dan tingkah laku, kita harus berpenampilan yang terbaik seperti posisi tubuh dan ekspresi wajah yang menggambarkan sesorang yang memiliki “penampilan yang terbaik”.

Kemudian yang kedua pada surat Fushshilat ayat 33 :

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapa yang paling baik perkataannya dari seorang yang menyeru kepada Alloh, mengerjakan amal yang sholeh, dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).”

Dalam ayat ini terkandung ma’na bahwa pribadi yang baik itu memiliki “Sikap yang terbaik”. Bukan hanya berpenampilan yang terbaik akan tetapi juga harus bersikap yang terbaik sebagaimana seruan pada ayat tersebut.

Sikap terbaik disini terdiri dari dua hal:
Pertama, orang yang mempunyai sikap terbaik selalu berpikiran positive yaitu dengan memandang setiap peristiwa dari sisi yang tepat atau positive thinking.
Contohnya seorang juru foto walaupun obyek yang diphotonya bagus belum tentu hasilnya bagus karena di sini yang jadi kekuatan adalah sudut pandang. Disinilah pentingnya kita memandang sesuatu dari posisi yang tepat.
Itulah yg dikatakan Alloh swt di dalam al-Qur’an surat Ali Imron ayat 191 :
“Tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Yang kedua, orang yang memiliki “sikap” yang terbaik adalah bersifat proaktif.
Pada umumnya ketika seseorang di landa musibah, bukan tidak mungkin menghadapi musibah tersebut secara emosional, beda dengan orang yang berpikir proaktif, ketika dilanda musibah mereka tidak akan langsung memberikan respon secara emosional, mereka cara berpikirnya akan menggunakan hati nurani dn kedewasaanya untuk menghadapi berbagai macam persoalan. Jadi kesimpulan dari surat Fushshilat ayat 33 kita harus memiliki sikap yang tebaik dalam kehidupan tidak di dorong oleh nafsu dan emosional.

Dan yang ketiga menjadi pribadi yang baik menurut al-Qur’an surat al-Mulk ayat 2 :

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

“Dialah (Alloh) yang menjadikan mati dan hldup supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yg paling balk amalnya.
Dia Maha Pengampun lagi Maha Perkasa.”

Alloh swt tidak mengatakan “aktsaru amala”. Disini yg ditekankan bukan pada kuantitas perbuatan kita tetapi pada kualitas perbuatan kita, itu yg disebut mempunyai “Prestasi yg terbaik”. Jadi dalam ayat tersebut Alloh swt menekankan kita memiliki prestasi dari segi kualitas amal kita bukan dari banyaknya amal kita. Dari itu Alloh swt memerintahkan kita supaya menjadi orang yang di atas rata-rata bukan hanya rata-rata.  

Dari tiga ayat al-Qur’an di atas dapat di simpulkan untuk menjadi pribadi yang unggul itu harus mempunyai tiga hal yaitu:

1. Penampilan yang terbaik
2. Sikap yang tebaik
3. Prestasi yang terbaik

Semoga kita menjadi pribadi yang unggul, dari yang baik menjadi lebih baik sehingga menjadi yang terbaik.

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: